Mengapa Harus Home Care ?

Perawat Home Care
Perawat Home Care

Pelayanan kesehatan dirumah atau Home Care adalah pelayanan keperawatan yang diberikan pasien di rumahnya, yang merupakan sintesa dari pelayanan keperawatan komunitas dan keterampilan teknikal yang berasal dari spesialisasi kesehatan tertentu, yang berfokus pada asuhan keperawatan individu yang melibatkan keluarga, dengan tujuan menyembuhkan, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik, mental atau emosi pasien.

Mengapa home care dibutuhkan ?

Bagi Klien Dan Keluarga:

1. Layanan Home Care dapat membantu biaya rawat inap yang makin mahal, karena dapat mengurangi biaya akomodasi pasien, tranportasi dan konsumsi keluarga.

2. Mempererat ikatan keluarga, karena bisa selalu berdekatan pada saat anggota keluarga ada yang sakit.

3. Merasa lebih nyaman karena berada di rumah sendiri.

4. Makin banyaknya wanita yang bekerja diluar rumah, sehingga tugas merawat orang sakit yang biasanya dilakukan oleh ibu terhambat oleh karena itu kehadiran perawat untuk menggantikan.

Bagi Perawat

1.Memberikan variasi lingkungan kerja, sehingga tidak jenuh dengan lingkungan yang tetap sama.

2.Dapat mengenal klien dan lingkungannya dengan baik, sehingga pendidikan kesehatan yang diberikan sesuai dengan situasi dan kondisi rumah klien, dengan begitu kepuasan kerja perawat akan meningkat.

Apa Tujuan Layanan Home care ?

Tujuan Umum
– Meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga

Tujuan Khusus
– Terpenuhi kebutuhan dasar (bio-psiko-sosial-spiritual) secara mandiri
– Meningkatan kemandirian keluarga dalam pemeliharan kesehatan
– Meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan kesehatan dirumah

Prinsip Home Care
– Pengelola’an Home Care dilaksanakan oleh perawat atau tim
– Mengaplikasikan konsep sebagai dasar mengambil keputusan dalam pratik
– Mengumpulkan data secara sistematis, akurat dan komprehensif
– Menggunakan data hasil pengkajian dalam menetakan diagnosa keperawatan
– Mengembangkan rencana keperawatan didasarkan pada diagnosa keperawatan
– Memberi pelayanan prepentif, kuratif, promotif dan rehabilitatif
– Mengevaluasi respon pasien dan keluarganya dalam intervensi keperawatan

Keuntungan Mengunakan Layanan Perawat Home Care

Layanan Perawat Home Care
Layanan Perawat Home Care

Layanan Perawat Home Care adalah merupakan salah satu layanan jasa perawat mandiri di Indonesia.

Saat ini perawat sudah bisa melakukan tindakan kepada pasien yang membutuhkan. Layanan ini bisa di lakukan di rumah atau saat masih di rumah sakit. Namun layanan jasa perawat untuk home care biasanya sering di lakukan di rumah dan hanya fokus kepada pasien. Dan inilah salah satu kelebihan dari pelayanan perawat home care lebih fokus dalam hal perawatan.

Ada beberapa keuntungan atau hal positif jika anda menggunakan layanan jasa perawat untuk merawat keluarga anda yang sedang sakit. Hal positif yang bisa anda dapatkan saat anda menggunakan layanan perawat home care adalah :

Fleksibel dalam waktu
Jika sebelumnya anda harus bangun pagi sebelum anda bekerja untuk memberikan kepada pasien yang merupakan salah satu anggota keluarga. Dengan adanya layanan Perawat Home Care anda tidak perlu terburu – buru untuk mengejar waktu anda. Karena pada dasarnya proses perawatan pasien sudah tertangani oleh perawat yang anda sewa jasanya. Memang terkesan lebih mudah untuk anda yang memang memiliki banyak kesibukan sehingga tidak mampu untuk memberikan perawatan kepada keluarga anda yang memang sedang sakit dan membutuhkan perawatan.

Proses perawatan lebih terkontrol
Jika selama ini anda melakukan perawatan kepada keluarga anda dengan cara yang anda ketahui dan menurut informasi yang anda dapatkan misalkan anda mendapatkan informasi perawatan dari sosial media, browsing di internet atau mendapatkan informasi dari teman yang memang tingkat kebenarannya masih belum 100% valid. Dengan menggunakan layanan Perawat Home Care anda sudah pasti mendapatkan informasi dari perawat yang kompeten di bidangnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Biaya perawatan lebih murah
Jangan bandingkan dengan biaya perawatan yang anda gunakan saat anda memberikan perawatan sendiri, namun bandingkan jika anda mendapatkan perawatan dari rumah sakit atau klinik. Tentunya biaya yang harus anda keluarkan akan lebih besar. Layanan jasa perawat mandiri Home Care ini, biasanya kita hanya membayar fee perawat nya saja, tanpa ada embel – embel biaya tambahan lainnya. Gimana, pasti mau yang lebih murah, bukan ? .

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat anda mengerti tentang pentingnya kasih sayang terhadap sesama anggota keluarga melalui layanan jasa home care.

Perawat Home Care
Perawat Home Care

Skill Dasar Yang Harus Dikuasai Perawat Homecare

Perawat Home Care
Perawat Home Care

Sesuai SK Dirjen Dirjen YAN MED NO HK. 00.06.5.1.311 menyebutkan ada 23 tindakan keperawatan mandiri yang bisa dilakukan oleh perawat home care antara lain :

1) Vital sign
2) Memasang nasogastric tube
3) Memasang selang susu besar
4) Memasang cateter
5) Penggantian tube pernafasan
6) Merawat luka dekubitus
7) Suction
8) Memasang peralatan O2
9) Penyuntikan (IV,IM, IC,SC)
10) Pemasangan infus maupun obat
11) Pengambilan preparat
12) Pemberian huknah/laksatif
13) Kebersihan diri
14) Latihan dalam rangka rehabilitasi medis
15) Tranpostasi klien untuk pelaksanaan pemeriksaan diagnostik
16) Penkes
17) Konseling kasus terminal
18) konsultasi/telepon
19) Fasilitasi ke dokter rujukan
20) Menyiapkan menu makanan
21) Membersihkan Tempat tidur pasien
22) Fasilitasi kegiatan sosial pasien
23) Fasilitasi perbaikan sarana klien.

4 Kelompok Perawat Profesional Indonesia

Perawat
Perawat

Semua orang pasti mengenal sosok profesi kesehatan yang satu ini. Ya, mereka adalah perawat. Dengan peran dan tanggung-jawab di dunia kesehatan yang cukup besar, profesi keperawatan dituntut memiliki kecakapan pengetahuan hingga kemampuan profesional.

Ditinjau dari sejarahnya, perawat berakar dari bahasa latin yaitu nutrix. Artinya sendiri adalah merawat atau memelihara. Oleh karena itu, keperawatan adalah profesi yang berfokus pada merawat atau memelihara serta mempertahankan hingga memulihkan kesehatan yang optimal setiap individu, keluarga dan masyarakat.

Dalam sejarah juga mencatat, sosok yang mempopulerkan profesi ini adalah Florence Nightingale. Ia tercatat karena jasanya saat perang Krimea, Rusia. Ketika itu, tanpa kegentaran sedikitpun, sekalipun sudah hari gelap ia tetap mengumpulkan korban perang untuk kemudian dirawatnya. Wajar jika kemudian ia mendapat sebutan Bidadari Berlampu (The Lady with The Lamp).

Kini, apa yang telah ditorehkan Florence Nightingale terus dilanjutkan oleh generasi penerusnya. Profesi keperawatan juga merupakan profesionalitas yang pastinya tidak boleh dipandang sebelah mata. Para perawat masa kini juga telah memberikan sumbangsih mereka di berbagai lini spesialiasi.

Indonesia sendiri juga serius melindungi para tenaga keperawatan ini. Salah satunya melalui payung hukum Undang-undang Keperawatan No. 38 Tahun 2014. Tentu saja, dengan adanya payung hukum itu, para perawat punya kewajiban melaksanakan tugas dan fungsi pokok serta menuntut haknya sesuai dengan regulasi hukum serta keilmuan mereka.

Khusus di dunia pendidikan keperawatan, saat ini juga semakin maju dan berkembang. Buktinya dengan adanya beberapa perguruan tinggi keperawatan yang tidak hanya mengajarkan kurikulum dasar. Tapi juga kurikulum berbasis spesialisasi keperawatan. Sebut saja keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan onkologi, spesialis keperawatan maternitas, dan spesialisasi lainnya.

Nah, berikut 4 (empat) kelompok golongan pendidikan perawat, berdasarkan pada jalur pendidikan yang di lalui:

1. Mesti dilalui dengan waktu tiga tahun untuk diploma 3 yang akan memiliki gelar sebagai Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep). Perawat yang berada digolongan ini menempuh jalur yang disebut Pendidikan Vokasi atau D3 Keperawatan.

2. Ners (Ns) ditempuh empat tahun dengan tambahan satu tahun untuk profesi. Perawat yang melalui jalur ini disebut Pendidikan Profesional.

3. Mesti melalui dua tahun dan tambahannya sekitar satu tahun, perawat yang ada digolongan ini menempuhnya melalui jalur pendidikan Magister dan Spesialis. Outputnya, para jebolan jalur ini, misalnya, akan menjadi spesialis keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, dan spesialis lainnya.

4. Terakhir adalah jenjang tertinggi pendidikan perawat yaitu menempuh jalur pendidikan doktoral atau S3 Keperawatan. Perawat yang mencapai titik ini, bisa dikategorikan sebagai periset keperawatan.

Sebagai bentuk kontribusi keilmuan, kemanusiaan, dan mematuhi aturan negara, Homecare24 menyadari arti penting dari esensi layanan keperawatan ini. Maka saat Anda membutuhkan layanan perawat ke rumah, misalnya, segera hubungi Homecare24 untuk mendapatkan pelayanan dari tenaga keperawatan profesional ini.

Homecare24 akan selalu berusaha menyediakan perawat ke rumah yang berpendidikan dan memiliki STR demi memberikan pelayanan terbaik untuk Anda dan keluarga di rumah.

Layanan Homecare24 dapat digunakan untuk perawat lansia atau perawat orang tua, perawat orang sakit ke rumah,
dan lain-lain.

Source: homecare24 

Siap-siap ! KemenHukHAM Buka Lowongan CPNS 2017 Formasi Perawat 100 Orang

Melalui surat yang beredar tertanggal 2 Juni 2017, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia merencanakan akan membuka  lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2017 .
 
Dalam edarannya tertulis  bahwa “Pengumuman pengadaan cpns akan dibuka pada Juli 2017,serta Pendaftaran secara online mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 28 Agustus 2017.
 
Dalam edaran tersebut, ada 17.526  lowongan termasuk 100 orang lowongan untuk formasi tenaga perawat.
Jadi bagi teman-teman yang ingin melamar silahkan persiapkan diri, dan tunggu dibuka secara resmi pengumuman pengadaan cpns diatas yang rencananya akan dibuka pada bulan Juli 2017.
Nanti pendaftaran online melalui http://www.sscn.bkn.go.id/ sebagaimana tertera pada lampiran berikut.

DIBUTUHKAN 9 ORANG PERAWAT

SELEKSI PENGADAAN CALON TENAGA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) CILACAP TAHUN 2017

POSISI JABATAN, JENIS, JUMLAH FORMASI YANG DIBUTUHKAN

Perawat Ahli (S1 + Profesi) : 2 Orang
Perawat Terampil (D3 Keperawatan) : 6 Orang
Penata Anastesi (D4 Keperawatan Anastesi) : 1 Orang
Bidan (D3 Kebidanan) : 2 Orang
Perekam Medis (D3 Rekam Medis) : 4 Orang
Pranata Labkes (D3 Analis Kesehatan) : 1 Orang
Pranata Labkes (D4 Analis Kesehatan) : 1 Orang
Nutrisionis (D3 Gizi) : 2 Orang
Fisioterapis (D4 Fisioterapi) : 1 Orang
Elektromedis (D3 Teknik Elektromedik) : 1 Orang
Asisten Apoteker (D3 Farmasi) : 1 Orang
Pengadministrasi Keuangan (D3 Akuntansi) : 1 Orang
Akuntan (S1 Akuntansi + Profesi) : 1 Orang
Programer (S1 Komputer/TI) : 1 Orang
Operator Komputer (D3 Komputer/TI) : 1 Orang

PERSYARATAN UMUM

Penduduk Indonesia / Warga Negara Indonesia.
Minimal umur serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 31 Mei 2017;
Umur peserta ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada Surat Tanda Tamat Belajar/Ijasah yang digunakan sebagai dasar untuk pelamaran;
Kandidat memiliki pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan sesuai dengan rincian formasi yang telah ditetapkan;
Pastinya calon kandidat tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindak pidana kejahatan;
Pastinya tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan/gerakan yang menentang Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Pastinya peserta tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS; dan riwayat Sehat jasmani dan rohani yang baik
Pastinya kandidat tidak pernah mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, precursor dan zat adiktif lainnya; (apabila dinyatakan lulus dalam seleksi);
Tidak merokok;
Telah terdaftar pada Kantor/Dinas Tenaga Kerja setempat;
Berkelakuan baik;

PERSYARATAN KHUSUS

Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima);
Calon kandidat mempunyai sertifikat magang di rumah sakit atau surat pengalaman kerja di rumah sakit minimal 3 bulan untuk formasi Perawat, Penata Anastesi dan Bidan;
Calon kandidat mempunyai surat pengalaman kerja sesuai keahlian minimal 3 bulan, untuk formasi Perekam Medis, Pranata Labkes, Nutrisionis, Fisioterapis, Elektromedis dan Assisten Apoteker, Pengadministrasi Keuangan, Akuntan, Programer dan Operator Komputer;
Peserta mempunyai Sertifikat PPGD / BTCLS yang masih berlaku untuk formasi Perawat dan Penata Anastesi;
Pelamar mempunyai Sertifikat APN untuk formasi Bidan;
Peserta mempunyai Surat Tanda Registrasi STR yang masih berlaku untuk formasi Perawat Penata Anastesi, Bidan, Perekam Medis, Pranata Labkes, Nutrisionis, Fisioterapis dan Elektromedis;
Pastikan mempunyai Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) yang masih berlaku untuk formasi jabatan Asisten Apoteker;
Wajib melampirkan piagam penghargaan (tingkat nasional/kabupaten) bagi yang memiliki;
Kualifikasi tinggi badan pelamar minimal 155 cm (wanita) dan 160 cm (pria) untuk perawat, penata anastesi dan bidan;

TATA CARA PENDAFTARAN DAN PENGIRIMAN BERKAS

Pendaftaran dan pengiriman berkas lamaran dimulai tanggal 5 – 13 Mei 2017 per cap pos dan paling lambat tanggal 14 Mei 2017 berkas lamaran diterima oleh panitia;
Berkas lamaran dimasukkan dalam amplop tertutup berwarna coklat ukuran 35 x 25 cm (sesuai contoh pada lampiran I) yang berisi :
a. Surat lamaran ditulis tangan menggunakan tinta warna hitam dan ditandatangani serta berbahasa Indonesia (sesuai contoh pada lampiran II) ditujukan kepada Direktur RSUD Cilacap, dengan alamat Rumah Dinas Direktur RSUD Cilacap Jl. Gatot Subroto Nomor 26 Cilacap 53223 dan harus dikirim melaui PT. POS Indonesia;
b. Foto copy ijasah dan daftar nilai/transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dengan tanda tangan asli, stempel basah instansi yang berwenang sebanyak 1 (satu) lembar;
c. Foto copy sertifikat magang di rumah sakit atau surat pengalaman kerja di rumah sakit minimal 3 bulan yang telah dilegalisir oleh RS yang menerbitkan sertifikat magang/pengalaman kerja sebanyak 1 (satu) lembar untuk formasi Perawat, Penata Anastesi dan Bidan;
d. Foto copy surat keterangan pengalaman kerja sesuai keahlian sebanyak 1 (satu) lembar untuk formasi Perekam Medis, Pranata Labkes, Nutrisionis, Fisioterapis, Elektromedis, Asisten Apoteker, Pengadministrasi Keuangan, Akuntan, Programer dan Operator Komputer;
e. Foto copy Sertifikat PPGD/BTCLS yang masih berlaku 1 (satu) lembar untuk formasi Perawat dan Penata Anastesi;
f. Foto copy Sertifikat APN 1 (satu) lembar untuk formasi Bidan;
g. Foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku untuk formasi Perawat, Penata Anastesi, Bidan Perekam Medis, Pranata Labkes, Nutrisionis, Fisioterapis dan Elektromedis sebanyak 1 (satu) lembar;
h. Foto copy STRTTK yang masih berlaku untuk formasi Asisten Apoteker sebanyak 1 (satu) lembar;
i. Foto copy KTP yang telah dilegalisir dari desa atau kecamatan sebanyak 1 (satu) lembar;
j. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dan telah dilegalisir dari pihak Polres/Polsek sebanyak 1 (satu) lembar;
k. Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK.I);
l. Asli Surat Keterangan Sehat dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas;
m. Foto copy piagam penghargaan (tingkat nasional/kabupaten) bagi yang memiliki
n. Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
o. Surat pernyataan (sesuai contoh pada lampiran III) bermaterai Rp. 6.000,- yang menyatakan :
1) Bersedia ditempatkan pada semua unit kerja di lingkungan RSUD Cilacap;
2) Bersedia tidak mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Tenaga Badan Layanan Umum Daerah RSUD Cilacap selama 3 (tiga) tahun sejak pengangkatan sebagai Calon Tenaga Badan Layanan Umum Daerah RSUD Cilacap, kecuali dinyatakan lulus dalam ujian Calon Pegawai Negeri Sipil;
3) Bersedia dinyatakan tidak memenuhi syarat/gugur dan tidak mengajukan keberatan/aduan apabila terdapat berkas yang tidak lengkap/tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan;
4) Bersedia untuk diberhentikan sebelum masa kontrak berakhir, dikarenakan setelah dievaluasi kinerja tidak sesuai dengan kompetensinya;
5) Bersedia tidak merokok
Berkas administrasi yang kurang/tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan (TMS) dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi dan panitia tidak menerima susulan kelengkapan berkas;

Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan diumumkan di rsud.cilacapkab.go.id pada tanggal 16 Mei 2017;

Pengambilan kartu tes akan dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2017, waktu pukul 08.00 s.d 13.00 WIB bertempat di Politeknik Negeri Cilacap Jl. dr. Soetomo No. 1 Cilacap.

sumber : rsud.cilacapkab.go.id