Mengenal Sang Profesor Perawat Pertama di Dunia

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya profesi Perawat yang mengabdikan diri untuk menjaga dan merawat klien.

Dan yang paling penting lagi, The Atlantic Monthly menyatakan bahwa profesi keperawatan ”merupakan perpaduan antara perhatian, pengetahuan, dan keterandalan bagi kelangsungan hidup pasien”.

Bisa dibayangkan apa jadinya bila tak ada perawat?

Dewasa ini, profesi perawat merupakan segmen profesi terbesar dalam bidang kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa saat ini ada lebih dari 9.000.000 perawat dan bidan di 141 negara.

Khusus dalam bidang pendidikan, profesi perawat juga semakin maju dan berkembang. Contohnya di negara kita Indonesia saat ini sudah ada perguruan tinggi keperawatan telah menawarkan spesialisasi dalam pendidikan masternya, diantaranya spesialis keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan medikal bedah, keperawatan onkologi dan lain-lain.
Bahkan guru besar keperawatan juga sudah banyak. Sampai tahun 2018, Indonesia sudah memiliki lebih dari 7 (tujuh) orang bergelar profesor di bidang keperawatan, salah satunya adalah Prof. Dra. Elly Nurachmah, M.App.Sc., DNSc, sebagai Perawat Pertama Indonesia yang bergelar profesor.

Lalu, pernah gak’ anda bertanya-tanya siapakah profesor perawat yang pertama di dunia ?

Profesor perawat yang pertama di dunia adalah Mary Adelaide Nutting.

Mary Adelaide Nutting (1 November 1858 – 3 Oktober 1948) adalah seorang perawat, pendidik, dan perintis di bidang perawatan rumah sakit Amerika. Setelah lulus dari program pelatihan perawat pertama Johns Hopkins University pada tahun 1891, Nutting membantu untuk menemukan program keperawatan modern di sekolah. Pada 1907, ia terlibat dalam program eksperimental di Teachers College baru di Columbia University. Pada saat menjabat sebagai ketua departemen keperawatan dan kesehatan, Nutting menulis kurikulum pelopor berdasarkan pendidikan keperawatan persiapan, penelitian kesehatan masyarakat, dan penekanan layanan sosial. Dia menjabat sebagai presiden berbagai dewan dan komite yang bertugas untuk membakukan pendidikan keperawatandan memudahkan proses penyatuan minat profesi perawat dengan undang-undang negara bagian. Nutting juga merupakan penulis dari banyak karya ilmiah yang berkaitan dengan bidang keperawatan, dan karyanya, A History of Nursing , tetap merupakan tulisan sejarah penting hari ini. Dia dikenang karena warisannya sebagai pelopor dalam bidang keperawatan, tetapi juga peran aktivisnya di saat di mana perempuan masih memiliki hak yang terbatas.

Daftar beberapa karyanya yang paling penting:
• A History of Nursing (1907–1912)
• Status Pendidikan Keperawatan (1912)
• Kurikulum Standar untuk Sekolah Keperawatan (1917)
• Pendidikan Keperawatan dan Keperawatan di Amerika Serikat (1923)
• Dasar Ekonomi yang Sehat untuk Sekolah Keperawatan (1926)

Sumber:
wikipedia.org
Perpustakaan Online “Menara Pengawal”
Foto: Disarikan dari Nutting’s “A History of Nursing” (1912) 

Bila ada sejawat perawat yang ingin share atau ada yang perlu didiskusikan, silahkan langsung tulis di kolom komentar ya… terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *