4 Kelompok Perawat Profesional Indonesia

Perawat
Perawat

Semua orang pasti mengenal sosok profesi kesehatan yang satu ini. Ya, mereka adalah perawat. Dengan peran dan tanggung-jawab di dunia kesehatan yang cukup besar, profesi keperawatan dituntut memiliki kecakapan pengetahuan hingga kemampuan profesional.

Ditinjau dari sejarahnya, perawat berakar dari bahasa latin yaitu nutrix. Artinya sendiri adalah merawat atau memelihara. Oleh karena itu, keperawatan adalah profesi yang berfokus pada merawat atau memelihara serta mempertahankan hingga memulihkan kesehatan yang optimal setiap individu, keluarga dan masyarakat.

Dalam sejarah juga mencatat, sosok yang mempopulerkan profesi ini adalah Florence Nightingale. Ia tercatat karena jasanya saat perang Krimea, Rusia. Ketika itu, tanpa kegentaran sedikitpun, sekalipun sudah hari gelap ia tetap mengumpulkan korban perang untuk kemudian dirawatnya. Wajar jika kemudian ia mendapat sebutan Bidadari Berlampu (The Lady with The Lamp).

Kini, apa yang telah ditorehkan Florence Nightingale terus dilanjutkan oleh generasi penerusnya. Profesi keperawatan juga merupakan profesionalitas yang pastinya tidak boleh dipandang sebelah mata. Para perawat masa kini juga telah memberikan sumbangsih mereka di berbagai lini spesialiasi.

Indonesia sendiri juga serius melindungi para tenaga keperawatan ini. Salah satunya melalui payung hukum Undang-undang Keperawatan No. 38 Tahun 2014. Tentu saja, dengan adanya payung hukum itu, para perawat punya kewajiban melaksanakan tugas dan fungsi pokok serta menuntut haknya sesuai dengan regulasi hukum serta keilmuan mereka.

Khusus di dunia pendidikan keperawatan, saat ini juga semakin maju dan berkembang. Buktinya dengan adanya beberapa perguruan tinggi keperawatan yang tidak hanya mengajarkan kurikulum dasar. Tapi juga kurikulum berbasis spesialisasi keperawatan. Sebut saja keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan onkologi, spesialis keperawatan maternitas, dan spesialisasi lainnya.

Nah, berikut 4 (empat) kelompok golongan pendidikan perawat, berdasarkan pada jalur pendidikan yang di lalui:

1. Mesti dilalui dengan waktu tiga tahun untuk diploma 3 yang akan memiliki gelar sebagai Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep). Perawat yang berada digolongan ini menempuh jalur yang disebut Pendidikan Vokasi atau D3 Keperawatan.

2. Ners (Ns) ditempuh empat tahun dengan tambahan satu tahun untuk profesi. Perawat yang melalui jalur ini disebut Pendidikan Profesional.

3. Mesti melalui dua tahun dan tambahannya sekitar satu tahun, perawat yang ada digolongan ini menempuhnya melalui jalur pendidikan Magister dan Spesialis. Outputnya, para jebolan jalur ini, misalnya, akan menjadi spesialis keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, dan spesialis lainnya.

4. Terakhir adalah jenjang tertinggi pendidikan perawat yaitu menempuh jalur pendidikan doktoral atau S3 Keperawatan. Perawat yang mencapai titik ini, bisa dikategorikan sebagai periset keperawatan.

Sebagai bentuk kontribusi keilmuan, kemanusiaan, dan mematuhi aturan negara, Homecare24 menyadari arti penting dari esensi layanan keperawatan ini. Maka saat Anda membutuhkan layanan perawat ke rumah, misalnya, segera hubungi Homecare24 untuk mendapatkan pelayanan dari tenaga keperawatan profesional ini.

Homecare24 akan selalu berusaha menyediakan perawat ke rumah yang berpendidikan dan memiliki STR demi memberikan pelayanan terbaik untuk Anda dan keluarga di rumah.

Layanan Homecare24 dapat digunakan untuk perawat lansia atau perawat orang tua, perawat orang sakit ke rumah,
dan lain-lain.

Source: homecare24 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *